Sabtu, 20 Mei 2017

Pertemuan Terakhir di Sekolah Abdi Siswa

Laporan CB Pancasila Pertemuan 5


Praktik mengajar dengan memberikan pendidikan karakter, matematika dasar, pengetahuan umum, bermain sambil belajar bagi anak- anak kelompok bermain.










Kelas                 : LI21
Dosen                : Bapak Christian Siregar
Waktu               : 17 Mei 2017
Pukul                : 09.00 - 13.00
Lokasi               : Jl.Melati III, Pd. Jagung Timur, Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten 15326
Penulis              : Gabrielle Christalia Setiadi
Tim yang hadir :
  1.  Gabrielle Christalia Setiadi (ketua)
  2. Alfian Dwi Cahya
  3.  Rianti
  4.  Ryo Nurmanditya
  5. Viencent Jauwfik
  6. Youri Kristanto
  7. Shania Assifa
Tim yang tidak hadir : -

Pendahuluan

Character Building (Pancasila) membahas bagaimana sebagai warga negara, kita harus menaati Pancasila sebagai ideologi negara dan menjadi warga negara yang baik. Sehubungan dengan kegiatan yang diselenggarakan oleh TFI dalam bentuk sosial, maka kami melakukan kegiatan mengajar PAUD. Hal ini juga sesuai dengan kutipan dari Pembukaan UUD 1945 Alinea 4 yaitu " mencerdaskan kehidupan bangsa", sehingga kami berharap bahwa materi yang akan kami ajarkan untuk anak PAUD dapat berguna dan bermanfaat bagi mereka untuk masa sekarang dan bekal bagi mereka dikemudian hari sebagai warga negara yang baik.

Metode Kegiatan

Dengan adanya tugas yang diberikan oleh Binus University dalam mata kuliah Character Building yaitu untuk mengajar PAUD, memberikan kami kesempatan untuk membawakan beberapa materi sebagai berikut:
  1.  Belajar sambil bermain
  2. Memperkenalkan angka
  3. Mewarnai
  4. Berbahasa inggris
Pelaksanaan

Dalam pertemuan terakhir ini tidak banyak yang akan kami lakukan mengenai materi, namun kami lebih memilih untuk belajar sambil bermain , dan mewarnai bersama murid- murid sebagai akhir dari pertemuan kami. Seperti minggu- minggu sebelumnya, kami datang pukul 08.30 dan menunggu murid- murid selesai bernyanyi, mendengarkan cerita dan berdoa.

Pada pukul 09.00, kami telah berkumpul kembali untuk memulai pertemuan yang terakhir bersama
murid- murid KB3 di Sekolah Abdi Siswa. Awal memulai, kami mulai dengan pemanasan biasa yaitu dengan belajar indera dengan lagu " Kepala Pundak Lutut Kaki", setelah itu kami melanjutkan kegiatan kami dengan bernyanyi bersama, dan mewarna. Setelah itu, pada hari terakhir ini murid- murid mendapat materi dari Bu Dwi, sehingga kami hanya mendampingi anak- anak.

Seperti biasa, pukul 11.30 adalah waktu murid- murid untuk bermain bersama teman- teman, namun di pertemuan terakhir ini pula, kami meluangkan waktu kami lebih banyak dengan murid- murid karena merupakan hari terakhir kami, sehingga kami bermain bersama- sama hingga pukul 12.00 tiba, saatnya murid- murid untuk berbaris menuju tempat cuci tangan sebelum mereka memakan makan siangnya. Hari terakhir ini terasa berbeda, karena hari terakhir inilah murid- murid sudah sangat akrab dengan kami dan tentu susah bagi kami untuk meninggalkan kelas KB3.

Setelah selesai makan, karena waktu sudah menunjukkan pukul 13.00 yangmana orangtua mereka telah menunggu anak-anaknya, maka murid-muridpun segera pulang, dan kami memberikan beberapa oleh- oleh bingkisan dari kami untuk murid- murid KB 3, dan bu Dwi sebagai rasa terimakasih kami karena telah diterima dengan baik dan diberi kesempatan untuk boleh saling mengenal dan menjadi sedikit bagian dari tumbuh kembang murid- murid KB3.

Hasil

Hasil pengajaran hari terakhir kami, kami lampirkan dalam lembar evaluasi sebagai berikut:



Kesimpulan

Pada hari terakhir ini, kami tidak menyediakan banyak materi yang akan kami bawakan, namun kami memberikan materi yang menyenangkan sebagai hari pepisahan kami dengan murid- murid KB 3 Sekolah Abdi Siswa dan Bu Dwi. Dan pada akhir kegiatan kami memberikan bingkisan berupa snack sebagai oleh- oleh dari kami untuk murid- murid KB 3 Sekolah Abdi Siswa dan Wali Kelas KB 3 , Bu Dwi

Lampiran














Tidak ada komentar:

Posting Komentar