Sabtu, 20 Mei 2017

Hari Ketiga Mengajar di Sekolah Abdi Siswa

Laporan CB Pancasila Pertemuan 3

Praktik mengajar dengan memberikan pendidikan karakter, matematika dasar, pengetahuan umum, bermain sambil belajar bagi anak- anak kelompok bermain.







Kelas                 : LI21
Dosen                : Bapak Christian Siregar
Waktu               : 4 April 2017
Pukul                : 09.00 - 13.00
Lokasi               : Jl.Melati III, Pd. Jagung Timur, Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten 15326
Penulis              : Gabrielle Christalia Setiadi
Tim yang hadir :
  1.  Gabrielle Christalia Setiadi (ketua)
  2. Alfian Dwi Cahya
  3.  Rianti
  4.  Ryo Nurmanditya
  5. Viencent Jauwfik
  6. Youri Kristanto
  7. Shania Assifa
Tim yang tidak hadir : -

Pendahuluan

Character Building (Pancasila) membahas bagaimana sebagai warga negara, kita harus menaati Pancasila sebagai ideologi negara dan menjadi warga negara yang baik. Sehubungan dengan kegiatan yang diselenggarakan oleh TFI dalam bentuk sosial, maka kami melakukan kegiatan mengajar PAUD. Hal ini juga sesuai dengan kutipan dari Pembukaan UUD 1945 Alinea 4 yaitu " mencerdaskan kehidupan bangsa", sehingga kami berharap bahwa materi yang akan kami ajarkan untuk anak PAUD dapat berguna dan bermanfaat bagi mereka untuk masa sekarang dan bekal bagi mereka dikemudian hari sebagai warga negara yang baik.

Metode Kegiatan

Dengan adanya tugas yang diberikan oleh Binus University dalam mata kuliah Character Building yaitu untuk mengajar PAUD, memberikan kami kesempatan untuk membawakan beberapa materi sebagai berikut:
  1.  Belajar sambil bermain
  2. Memperkenalkan angka
  3. Mewarnai
  4. Berbahasa inggris
Pelaksanaan Kegiatan

Pada hari ke-3 tepatnya pada tanggal 4 April 2017, kami berangkat ke paud dengan semangat yang menggebu-gebu dan tiba di sekolah Abdi Siswa pada pukul 08:30 . Seperti biasa, sebelum memulai pelajaran murid Abdi Siswa berbaris di aula sesuai dengan kelasnya, dan bernyanyi bersama untuk membangun semangat sebelum memulai pelajaran. Dengan panduan guru-guru, anak-anak bernyanyi dengan riangnya dan penuh semangat. Hal ini mengingatkan kami saat masih seusia mereka. Setelah selesai bernyanyi, anak-anak dibiasakan untuk berdoa sebelum masuk ke kelas dan memulai pelajaran. Setelah berdoa, anak-anak dipersilahkan untuk masuk ke kelas masing- masing dengan tertib.
Sesampainya di kelas, kami awali kegiatan mengajar dengan memberikan materi berhitung melalui computer dan mewarnai. Pada materi hari ini, kelas KB 3, anak-anak dibagi menjadi 2 kelompok dikarenakan computer yang digunakan tidak mencukupi seluruh anak kelas KB 3. Sebagian dari kami mengajar kelompok pertama dan kami mengajarkan materi berhitung menggunakan computer. Kelompok ke-2 tetap berada di kelas untuk mewarnai. Di kelas computer, anak-anak tidak hanya diajarkan berhitung tetapi juga bagaimana cara mengoperasikan computer. Walaupun masih ada beberapa yang salah dalam penjumlahan dan perkalian, tetapi tidak sedikit murid yang sudah mengerti dalam mengoperasikan computer dan juga berhitung.
Di kelas KB 3, beberapa dari kami yang tinggal dikelas memberi materi mewarnai. Anak-anak dengan semangat mengambil buku mewarnai dan juga crayon untuk mewarnai. Kami takjub melihat bagaimana anak-anak bereksplorasi dengan daya kreatifitas dan warna-warna yang mereka sukai. Kami membantu dan memberitahukan mereka apabila warna keluar garis. Lalu setelah kelompok pertama selesai dalam materi berhitung, sekarang giliran kelompok 2 yang melanjutkan materi berhitung dan kelompok 1 diberi materi mewarnai.
 Kegiatan pembelajaran berlangsung sampai pukul 11:30. Seperti biasa pada pukul 11:30, anak-anak diberi kesempatan untuk bermain dengan teman-teman dan mainan yang disediakan oleh sekolah. Kesempatan bermain ini berlangsung sampai pukul 12:30. Lalu setelah sejam bermain, anak-anak di beri waktu makan siang. Sebelum makan anak-anak dibiasakan untuk mencuci tangan sebelum makan. Anak-anak berbaris dan diarahkan keruang cuci tangan. Lalu anak-anak mengambil bekal yang sudah di siapkan terlebih dahulu dari rumah. Setelah selasai makan, anak-anak merapikan tempat makan, mencuci tangan, dan berdoa atas makanan yang telah diberikan. Lalu anak-anak berbaris dan mengucapkan terimakasih kepada guru-guru dan kepada kami atas pembelajaran yang telah diberikan. Setelah itu, satu persatu anak-anak di jemput dengan orangtuanya dan pulang kerumah. Walaupun hari itu melelahkan, tetapi melihat wajah-wajah mereka yang penuh semangat dan juga penuh senyuman meninggalkan kenangan bahagia yang tak kan terlupakan bagi kami. 

Hasil

Hasil dari pertemuan pertama ini, kami lampirkan dalam bentuk lembar evaluasi;

Kesimpulan

Pada hari ke-3 ini kami memberikan materi berhitung menggunakan computer dan mewarnai.

Lampiran















Tidak ada komentar:

Posting Komentar