Sabtu, 20 Mei 2017

Hari Keempat Mengajar di Sekolah Abdi Siswa

Laporan CB Pancasila Pertemuan 4


Praktik mengajar dengan memberikan pendidikan karakter, matematika dasar, pengetahuan umum, bermain sambil belajar bagi anak- anak kelompok bermain.










Kelas                 : LI21
Dosen                : Bapak Christian Siregar
Waktu               : 10 Mei 2017
Pukul                : 09.00 - 13.00
Lokasi               : Jl.Melati III, Pd. Jagung Timur, Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten 15326
Penulis              : Gabrielle Christalia Setiadi
Tim yang hadir :
  1.  Gabrielle Christalia Setiadi (ketua)
  2. Alfian Dwi Cahya
  3.  Rianti
  4.  Ryo Nurmanditya
  5. Viencent Jauwfik
  6. Youri Kristanto
  7. Shania Assifa
Tim yang tidak hadir : -

Pendahuluan

Character Building (Pancasila) membahas bagaimana sebagai warga negara, kita harus menaati Pancasila sebagai ideologi negara dan menjadi warga negara yang baik. Sehubungan dengan kegiatan yang diselenggarakan oleh TFI dalam bentuk sosial, maka kami melakukan kegiatan mengajar PAUD. Hal ini juga sesuai dengan kutipan dari Pembukaan UUD 1945 Alinea 4 yaitu " mencerdaskan kehidupan bangsa", sehingga kami berharap bahwa materi yang akan kami ajarkan untuk anak PAUD dapat berguna dan bermanfaat bagi mereka untuk masa sekarang dan bekal bagi mereka dikemudian hari sebagai warga negara yang baik.

Metode Kegiatan

Dengan adanya tugas yang diberikan oleh Binus University dalam mata kuliah Character Building yaitu untuk mengajar PAUD, memberikan kami kesempatan untuk membawakan beberapa materi sebagai berikut:
  1.  Belajar sambil bermain
  2. Memperkenalkan angka
  3. Mewarnai
  4. Berbahasa inggris
Pelaksanaan Kegiatan

Sudah 3 pertemuan kami laksanakan, tidak terasa kami sudah mencapai pertemuan ke-4 tepatnya pada tanggal 10 Mei 2017. seperti pertemuan sebelumnya, pembelajaran dimulai dengan berbaris di aula dan bernyanyi bersama lalu berdoa dan masuk ke kelas masing-masing. Hal ini rutin dilakukan sebelum memulai pembelajaran di kelas.
Hari ini kami membawakan materi Bahasa inggris. Supaya tidak terlalu kaku dan membosankan, kami membawakan materi dengan metode games. Pada game ini anak-anak akan belajar mengenal dan menyebutkan nama buah-buahan beserta warna buah yang ada dalam Bahasa Inggris. Bagi anak-anak yang berani mengangkat tangan dan berhasil menjawab benar kami akan memberikan snacks. Hal itu bertujuan untuk melatih kemampuan berbahasa Inggris, mereka juga akan mengenal berbagai macam buah-buahan yang ada disekitarnya, dan tak kalah penting yaitu melatih keberanian dan percaya diri untuk memberikan jawaban.
Kami memberikan pertanyaan-pertanyaan dan anak-anak mengacungkan telunjuk nya dengan penuh semangat. Walaupun ada beberapa yang masih malu-malu untuk menjawab, tetapi sebagian besar anak-anak menjawab pertanyaan kami dengan benar. Selain buah-buahan kami juga mengajarkan nama-nama hewan dengan Bahasa inggris. Karena asyiknya bermain sambil belajar waktu telah menunjukkan pukul 11:30 dimana seperti biasa anak-anak diberi waktu untuk bermain. Setelah satu jam bermain anak-anak merapikan mainannya ketempat semula, lalu berbaris untuk mencuci tangan dan mengambil bekal makan siang. Setelah makan siang selesai, anak-anak merapikan tempat makan, berdoa, lalu pulang kerumah.

Hasil

Hasil dari pertemuan keempat ini, kami lampirkan dalam bentuk lembar evaluasi;



Kesimpulan

Pada hari ke-4 ini kami memberikan materi bahasa inggris

Lampiran


















Tidak ada komentar:

Posting Komentar