Sabtu, 20 Mei 2017

Hari Pertama Mengajar di Sekolah Abdi Siswa

Laporan CB Pancasila Pertemuan 1


Praktik mengajar dengan memberikan pendidikan karakter, matematika dasar, pengetahuan umum, bermain sambil belajar bagi anak- anak kelompok bermain.










Kelas                 : LI21
Dosen                : Bapak Christian Siregar
Waktu               : 23 Maret 2017
Pukul                : 09.00 - 13.00
Lokasi               : Jl.Melati III, Pd. Jagung Timur, Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten 15326
Penulis              : Gabrielle Christalia Setiadi
Tim yang hadir :
  1.  Gabrielle Christalia Setiadi (ketua)
  2. Alfian Dwi Cahya
  3.  Rianti
  4.  Ryo Nurmanditya
  5. Viencent Jauwfik
  6. Youri Kristanto
  7. Shania Assifa
Tim yang tidak hadir : -

Pendahuluan

Character Building (Pancasila) membahas bagaimana sebagai warga negara, kita harus menaati Pancasila sebagai ideologi negara dan menjadi warga negara yang baik. Sehubungan dengan kegiatan yang diselenggarakan oleh TFI dalam bentuk sosial, maka kami melakukan kegiatan mengajar PAUD. Hal ini juga sesuai dengan kutipan dari Pembukaan UUD 1945 Alinea 4 yaitu " mencerdaskan kehidupan bangsa", sehingga kami berharap bahwa materi yang akan kami ajarkan untuk anak PAUD dapat berguna dan bermanfaat bagi mereka untuk masa sekarang dan bekal bagi mereka dikemudian hari sebagai warga negara yang baik.

Metode Kegiatan

Dengan adanya tugas yang diberikan oleh Binus University dalam mata kuliah Character Building yaitu untuk mengajar PAUD, memberikan kami kesempatan untuk membawakan beberapa materi sebagai berikut:
  1.  Belajar sambil bermain
  2. Memperkenalkan angka
  3. Mewarnai
  4. Berbahasa inggris
Pelaksanaan Kegiatan

Tanggal 23 Maret 2017 adalah hari pertama dimana kami bertemu anak PAUD di Sekolah Abdi Siswa, Tangerang Selatan. Kegiatan pada hari itu dimulai pada pukul 09.00, sehingga kami sampai di sekolah tersebut pada pukul 08.30. Dengan segala persiapan yang telah kami siapkan sebelumnya, kami mulai melangkah masuk ke dalam sekolah dan bertemu dengan Wali Kelas KB 3, yaitu Bu Dwi. Pagi itu, saat kami datang, kami melihat anak- anak yang baru datang diantar oleh orangtua mereka. Sebelum masuk ke kelas, anak- anak PAUD berkumpul di aula untuk menyanyi, mendengarkan cerita dan berdoa sebelum mereka masuk ke kelas masing- masing. Pada pukul 09.00, setelah murid- murid selesai berdoa, mereka berbaris dan dibimbing oleh wali kelas mereka untuk menuju kelas masing- masing.

Sesampainya dikelas, Bu Dwi segera mempersilahkan kami untuk memperkenalkan diri, dan membawa materi kami pada pertemuan pertama ini. Pada awalnya, murid- murid terlihat malu- malu dan terkejut saat melihat kami dengan jas berwarna merah masuk kedalam kelas mereka. Pada awalnya, kami memperkenalkan diri kami masing- masing dan kami- pun meminta mereka untuk memberkenalkan diri mereka satu per satu, diantaranya ada yang masih sulit untuk berbicara, ada yang pemberani, dan ada yang masih malu- malu, namun itu tidak menjadi masalah bagi kami, segera kami melakukan pengenelan lebih dekat dengan pemanasan.
 Apa yang kakak- kakak lakukan?
yaaaa, kami memulai pertemuan pertama ini dengan beberapa pendekatan dengan bermain games, dan memberikan hadiah bagi mereka yang berani unjuk jari, dan benar. Selain itu kami juga bernyanyi bersama- sama. Setelah pemanasan dirasa cukup, kami mulai membawa materi pertama kami yaitu; berhitung. Nampaknya tepat dengan pelajaran mereka saat itu yaitu berhitung, maka kami memulai untuk menulis angka dan mengajar mereka untuk berhitung menggunakan jari mereka dari 1 sampai 10. Setelah kami mengajar berhitung menggunakan jari, kami memberi sedikit soal bagi mereka yang ingin maju dengan unjuk jari dan memberi mereka tugas sekolah.

Kami melakukan kegiatan belajar mengajar yang juga didampingi oleh Bu Dwi berlangsung hingga pukul 11.30. Pukul 11.30 adalah waktu yang disediakan sekolah bagi anak- anak PAUD untuk bermain bersama teman- teman, sehingga kami-pun menemani mereka untuk bermain. Tak jarang diantara mereka yang berebut mainan, dan bertengkar maka kami berusaha untuk melerai, dan tak jarang diantara mereka yang kasar terhadap temannya maka kami berusaha untuk memberitahu untuk tidak melakukannya lagi dan meminta maaf. Murid- murid memiliki waktu bermain selama satu jam, sehingga pada pk 12.30 mereka harus segera membereskan mainan mereka karena pukul 12.30 ada waktu murid- murid untuk makan.

Sebelum makan, murid- murid diajarkan untuk mencuci tangan mereka dan mengambil makanan mereka masing- masing di tas mereka. Dalam kegiatan ini, murid- murid banyak yang mulai memanjakan diri dengan kami dengan meminta kami untuk menyuapi makanan mereka, sehingga beberapa dari kami pun menyuapi mereka, dan beberapa dari kami hanya menemani mereka dalam menyantap makan siangnya. Kegiatan makan siang ini berlangsung sekitar setengah jam, dan  berakhir di pk 13.00. Setelah menyantap makan siang, mereka mempersiapkan diri untuk kembali pulang, namun sebelum pulang mereka berdoa bersama dengan dipimpin oleh Bu Dwi

Setelah selesai dengan kegiatan di sekolah, mereka berbaris dan satu persatu dijemput oleh orangtuanya, dan tak jarang dari mereka yang telah dekat dari kami susah untuk melepaskan kami dan mengajak kami untuk pulang bersama mereka, dan mengatakan sampai jumpa kepada kami. Sungguh hari yang melelahkan namun membahagiakan saat murid- murid mulai untuk menghargai kehadiran kami

Hasil

Hasil dari pertemuan pertama ini, kami lampirkan dalam bentuk lembar evaluasi;




Kesimpulan

Pada hari pertama ini kami melakukan perkenalan dan beberapa kegiatan lainnya. materi pembelajaran yang kami bawakan pada hari pertama ini ialah berhitung dan belajar sambil bermain.

Lampiran













































Tidak ada komentar:

Posting Komentar